Tips-tips membersihkan toren atau tangki air

Toren airToren atau tangki air adalah sebuah benda yang berfungsi sebagai penyimpan air untuk kebutuhan sehari-hari. Terbuat dari stainless maupun fiber. Perawatan wadah air yang satu ini sering kurang mendapat perhatian karena lokasi penempatan yang biasanya jauh dari jangkauan yaitu di luar rumah dan menggunakan menara atau tower. Sering juga diletakkan di atas rumah atau diatas level ketinggian titik output air, sehingga menciptakan tekanan air yang cukup baik untuk aliran ke seluruh rumah.

Berikut adalah tips untuk membersihkan toren atau tangki air agar air tetap bersih dan sehat :

1. Bersihkan bagian dalam tangki dengan menggunakan kain lap atau spons karena sifat lumut yang hanya menempel. Tidak disarankan menggunakan sikat, baik kawat maupun bulu karena kan melukai dinding bagian dalam tangki.
2. Bila tak terjangkau oleh tangan, pembersihan dapat menggunakan batang pel yang dilapisi kain atau dapat juga menggunakan alat pel yang mempunyai batang.
3. Setelah semua bagian dalam dilap dan lumut yang ada dibersihkan, bila keseluruhan bagian dalam tangki dengan air bersih. Agar pembersihan toren dapat lebih optimal, sebaiknya semua pipa dan aksesoris dilepas.
4. Bila pipa dan fitting tak memungkinkan untuk dilepas, maka sisa cairan bisa dikeluarkan menggunakan pipa siphon (pipa kuras) yang dipasang pada saluran kuras (drain) dibagian dalam toren, dibantu dengan pompa hisap.
5. Bersihkan pula bagian luar tangki dengan menggunakan lap/ spons sehingga tidak hanya bagian dalam toren air saja yang bersih tetapi juga bagian luarnya.

(Berbagai Sumber)

+++++++≤≤≤≤≤≤≤≤ indoarchitect – informasi seputar arsitektur ≥≥≥≥≥≥≥≥+++++++

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s